Membangun Mimpi Bersama Siswa SMA Negeri 1 Brebes

Oleh : Lukman Nur Hakim, S.Pd. Guru SMA Negeri 1 Brebes

Duduk di kelas XII bagi siswa SMA menjadi hari-hari yang menyenangkan dan juga menegangkan. Sebentar lagi kakinya akan menginjak kampus yang menjadi tangga untuk meriah cita-cita dalam kerier kehidupannya.

Di kelas XII, siswa akan meninggalkan kursi SMA. Mereka harus  memiliki impian yang lebih tinggi dan tak terbatas. Memiliki usaha yang kuat bagaimana agar mampu mengejar mimpi-mimpi yang indah.

Mengejar mimpi bukanlah sesuatu hal yang salah. Mengejar mimpi adalah sebuah usaha, sehingga banyak quotes yang menasehati supaya berani bermimpi, berani mengejar mimpi besar, berani memperjuangkan mimpi. Beranilah untuk mulai bermimpi dan mengejarnya untuk menjadi kenyataan. Walaupun mimpi menjadi  hal yang susah-susah gampang untuk meraihnya.

Bermimpilah menjadi apa saja, walaupun bagi orang lain, impian tersebut terdengar aneh.  Namun selama menyukai dan baik, tidak ada yang salah dengan impian tersebut. Perbanyak mimpi-mimpi anda agar semangat usaha terus terbangun dan membangkitkan semangat hidup.

Mimpi-mimpi yang tinggi bagi para siswa, penulis memfasilitasi, dengan mendatangkan, Dr. Ugung Dwi Ari Wibowo, M.Si, Psikolog, dari Univerisitas Muhammadiyah Purwokerto, yang bertempat di Aula Wijaya Kusuma. SMA Negeri 1 Brebes, Senin (26/9/2022). Untuk memberikan  pembinaan Motivasi dan Mental bagi kelas XII.

Dalam penyampain motivasi yang diberikan. Beliau mengajak semuanya yang hadir ditempat yang sangat mulia ini, untuk memiliki mimpi yang tinggi mungkin dan perlu adanya suporter, sebagai pendukung cita-cita yang akan diraihnya.

Dibalik kesuksesan seseorang ada peran orang lain yang sangat membantu. Peran suporter dalam pendukung perjalanan hidup ada yang berbentuk individu atau kelompok yang ikut berpartisipasi dalam menggapai kesuksesan hidup.

Memiliki mimpi yang tinggi juga mengajak otak kita untuk menyimpan harapan-harapan yang tinggi dan tersimpan dengan baik, serta menjadi penyemangat usaha.

Sesuatu yang terpikirkan dan tersimpan, selanjutnya akan dapat menjadi motivasi dan tujuan hidup untuk menentukan langka-langkah yang akan diambil agar tercapai tujuannya.

Ketika setiap orang memiliki mimpi yang berbeda-beda dan dari mimpi tersebut berkembang yang membuat dirinya takjub.  Selanjutnya menjadi jalan yang beda pula dalam mengapai ketercapain cita-cita dan usaha.

Mimpi yang tinggi harus dibuat dan diusahakan dengan semaksimal mungkin. Apa-apa yang tertanam dalam pikiran nanti juga akan menuai dalam perbuatan dan menghasilkan kesuksesan.

Bila mimpi yang tinggi tidak terbangun, maka tak dapat dihindari akan mengalami kekalahan dengan dunia peradaban kecerdasan buatan, yang berbentuk robot. Bekerjalah dengan maksimal tanpa lelah, maka akan memperoleh hasil yang maksimal pula.

Ingat! jaman yang hadapi sekarang dan kedepan akan lebih ngeri dan lebih instan. Manusia akan lebih cepat sukses dan cepat pula jatuhnya. Hari ini menjadi milyader beberapa jam kemudian, bisa juga menjadi orang yang bangkrut dan memiliki hutang banyak.

Ketidakjelasan hidup akan menjadi manusia yang tidak memiliki cita-cita dan masa depan yang suram. Jadilah manusia yang menabung dan membina perilaku yang baik untuk membangun diri dan masa depannya.

Perilaku baik, usaha keras dan belajar yang rajin. Kalau terus dirawat akan menjadi tanaman yang subur dan menghasilkan buah yang baik pula. Apapun yang ditanam dalam perilaku kehidupan, kelak yang ditanam akan menuainya. Membiasakan perilaku baik maka merekat kebaikan tersebut kapan dan dimanapun.

Kalau sudah memiliki sesuatu yang dipikirkan dengan baik. Maka harus diwujudkan dengan kata-kata dan ditulis pula untuk diwujudkan dalam perilaku. Jangan sampai kebaikan itu hilang karena tidak tercatat dan diwujudkan. Kebiasaan yang dibangun dan menjadi karakter diri. Maka akan dapat membawa dan menuntun pada nasib.

Dengan kemamampuan yang dimiliki, akan semakin yakin untuk meraih yang diinginkan. Sebagaimana dengan semangkin gigih usaha yang dilakukan semakin mudah peluang meraih posisi.

Untuk bisa menjadi orang sukses, harus memiliki kemauan yang kuat untuk sukses. Jangan sampai lebih besar daripada ketakutan untuk gagal, dan jangan biarkan impian-impian dijajah oleh orang lain.

Teruslah membangun mimpi yang tinggi dan memiliki orang-orang yang akan menjadi suporternya. Keduanya menjadi jalan meraih sukses. Setiap orang sukses, dibelakangnya ada orang-orang yang kuat mensupportnya. Dan semankin banyak yang mensupport makan akan semakin  baik. ***