Beranda Nasional Kemensetneg Raih 2 Penghargaan Terbaik Pada Anugerah Media Humas 2022

Kemensetneg Raih 2 Penghargaan Terbaik Pada Anugerah Media Humas 2022

4
0

JAKARTA (pelitaindo.news) – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) berhasil menjadi nominator terbaik pada tiga kategori pada perhelatan Anugerah Media Humas (AMH) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Yogyakarta Marriott Hotel, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).

Nominasi kategori yang berhasil di dapat oleh Kemensetneg antara lain kategori Media Sosial, Website, dan Audio Visual. Dari tiga nominasi kategori tersebut, Kemensetneg menyabet dua penghargaan yaitu sebagai TERBAIK II “AMH 2022 Kategori Website” dan TERBAIK II “AMH 2022 Kategori Media AudioVisual”. Penerimaan penghargaan tersebut diwakili oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Sekretariat Kementerian, Kemensetneg Eddy Cahyono Sugiarto.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate memberi apresiasi terhadap seluruh peran individu dan instansi atas kerja keras Humas Pemerintah selama proses perhelatan G20 Indonesia 2022 yang menciptakan lingkungan yang sehat untuk berkompetisi dalam meningkatkan komunikasi publik yang baik untuk masyarakat.

“Secara filosofis kehumasan menjadi tulang punggung bagi pemerintah baik pusat maupun daerah, BUMN, dan BUMD dalam proses komunikasi, klarifikasi, dan edukasi, terlebih tantangan ke depan yang akan semakin beragam dan tak terprediksi,” ujar Johnny G. Plate. Oleh karena itu Humas Pemerintah harus selalu bertumbuh dalam inovasi komunikasi publik agar terus relevan dengan zaman.

AMH 2022 ini mengusung tema yang sejalan dengan G20 Indonesia 2022 yaitu Semangat Humas untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan, “Malam Anugerah Media Humas 2022 itu sebagai bentuk apresiasi atas hasil kerja pemerintah, utamanya terkait dengan komunikasi publik perhelatan Presidensi G20 (Indonesia).” Kemenkominfo memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk semua insan Humas yang ikut berperan serta dalam mempublikasikan hal tersebut.

Penghargaan AMH sendiri adalah kegiatan tahunan Kemenkominfo yang sudah berlangsung dari tahun 2019. Tahun ini merupakan tahun keempat mereka dalam mengapresiasi insan Humas dalam mendiseminasikan kerja-kerja pemerintah. AMH 2022 diikuti oleh segenap Humas Pemerintah, yang terdiri atas Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD hingga Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Namun, penghargaan yang diberikan tidak terbatas hanya untuk instansi namun juga individu yang telah berperan nyata dalam memberi penyuluhan langsung sebagai humas terhadap masyarakat umum maupun di tempat yang terdepan, terluar, dan tertinggal.

AMH 2022 tahun ini memiliki enam kategori, yaitu media sosial, siaran pers, website, kampanye komunikasi publik, majalah internal, dan media audio visual. Selain itu juga terdapat dua penghargaan khusus lainnya yaitu juara umum dan penghargaan individu kepada Penyuluh Informasi Publik (PIP).

Peran yang dimiliki oleh Humas Pemerintah sangatlah penting, dimana sebagai humas memiliki tanggung jawab penuh terhadap informasi yang dibagikan kepada masyarakat. Informasi yang tersebar luas di ruang digital begitu banyak jumlahnya, namun semuanya belum tentu berita yang benar. Peran Humas Pemerintahlah yang harus dapat menyediakan informasi yang benar, tepat, serta aktual terhadap masyarakat. Hal tersebut merupakan upaya untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam mengakses informasi yang cepat dan benar.

Humas Kemensetnegpun yang memiliki tugas mendiseminasikan kerja-kerja Presiden, Wakil Presiden dan Kementerian Sekretariat Negara juga harus terus tumbuh menjadi Humas Pemerintah yang lebih baik lagi.

Penghargaan yang berhasil diraih saat ini menjadi penyemangat untuk terus mengembangkan kapabilitas kehumasan lembaga yang inovatif dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada publik atas seluruh program dan kerja-kerja pemerintah khususnya Kemensetneg, baik yang telah dilakukan, sedang, maupun akan dilakukan, termasuk berbagai keberhasilan yang telah dicapai. (Humas Kemensetneg)

Artikulli paraprakPresiden Jokowi Serahkan Bonus Apresiasi bagi Atlet ASEAN Paragames ke-11
Artikulli tjetërWarga Bandung Gagal Nonton Piala Dunia, Gara Gara Saluran TV Analog Ditutup Dinihari

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.