Kakankemenag : Lulusan Madrasah Harus Menjadi Pribadi Terdidik dan Beradab

H. Badruzaman saat membuka kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepala Madrasah Ibtidiyah bagi seluruh anggota KKM Pangandaran di MIS Cimindi, Jumat (11/11/22)

PANGANDARAN (pelitaindo.news) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pangandaran H. Badruzaman mengatakan kemajuan peradaban dapat ditunjukan oleh sikap dan perilaku seseorang sebagai yang terdidik dan memiliki adab.

Pernyataan ini disampaikan H. Badruzaman saat membuka kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepala Madrasah Ibtidiyah bagi seluruh anggota KKM Pangandaran di MIS Cimindi, Jumat (11/11/22).

“Ciri utama dari masyarakat maju itu selain penguasaan IPTEK sesungguhnya dimilikinya adab dan sikap dan perilakunya,” ujarnya di hadapan para kepala Madrasah Ibtidaiyah KKM Pangandaran.

Menurut Kankemenag, manusia yang maju dan beradab sejatinya bukan persoalan apakah lulusan madrasah harus bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi S1, S2, S3 baru kemudian dikatakan maju dan beradab, sama sekali tidak.

“Sesungguhnya kata maju itu lebih melihat sejauh mana lulusan Pendidikan bisa tampil sebagai masyarakat yang terdidik dan menjaga adab,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia meyakini bahwa lulusan madrasah mampu hadir ditengah tengah masyarakat dengan menampilkan sikap yang terdidik dan beradab.

“Maka ini menjadi tugas kita semua para guru tenaga pendidik dan kependidikan di dalamnya bagaimana lulusan madrasah tampil sebagai orang yang terdidik. Madrasah harus mampu mengajarkan, mendidik, membina dan membiasakan siswanya mereka menjadi terdidik dan menjaga adab,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Kepala Kantor, Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Pangandaran H. Rosidin. *(Kontributor : Didah)