Disparpora: Jumlah Kunjungan Wisatawan Meningkat Setiap Akhir Pekan

Obyek wisata Lembah Mandalangi-TNGGP, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, menjadi obyek wisata baru Cianjur yang banyak dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan. (ANTARA)

CIANJUR (pelitaindo.news) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Cianjur, Jawa Barat, mencatat angka kunjungan wisata yang meningkat setiap akhir pekan ke sejumlah tempat wisata yang mencapai 100.000 orang dan puluhan ribu orang pada hari kerja setelah berbagai program promosi dan pengembangan dilakukan.

Kepala Disparbud Cianjur, Pratama Nugraha di Cianjur, Ahad, mengatakan promosi dan pengenalan obyek wisata baru di Cianjur sempat digelar di tingkat provinsi dan pusat beberapa waktu lalu, membuat angka kunjungan meningkat termasuk tingkat hunian hotel yang meningkat hingga 50 persen.

“Pemulihan ekonomi cepat dilakukan dengan mempromosikan obyek wisata, produk unggulan UMKM dan pagelaran seni budaya sebagai pendukung, membuat angka kunjungan wisata meningkat 100.000 orang setiap akhir pekan terutama ke wisata bernuansa alam,” katanya.

Pratama menjelaskan, sebagai upaya mendongkrak angka kunjungan dengan cepat, Pemkab Cianjur terus berbenah diri dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan menuju obyek wisata baru dan obyek wisata andalan termasuk membangun sarana dan prasarana penunjang seperti area istirahat.

Sehingga wisatawan yang datang dapat dengan mudah mendapatkan produk unggulan UMKM dan oleh-oleh khas Cianjur yang dijajakan di toko yang ada di area istirahat seperti di Citarum di wilayah timur Cianjur dan di Naringgul di wilayah selatan Cianjur.

“Kami berharap seiring tingginya angka wisatawan yang datang, dapat memulihkan kembali perekonomian yang sempat terpuruk selama pandemi. Berbagai program dan kemudahan akan kita promosikan bagi wisatawan yang hendak menghabiskan liburan di Cianjur,” katanya. Pihaknya menargetkan angka kunjungan lebih meningkat di setiap libur panjang akhir pekan, dengan menampilkan berbagai kegiatan seni budaya termasuk dengan menggelar malam bebas kendaraan (car free night) di pusat kota Cianjur, sebagai bentuk promosi obyek wisata dan produk UMKM Cianjur.

Pengelola tempat wisata alam di Cianjur, mengatakan sejak beberapa bulan terakhir angka kunjungan wisatawan dari luar kota meningkat 100 persen setiap akhir pekan, mereka memilih obyek wisata alam di kawasan Puncak untuk menghilangkan penat.

“Untuk pekan ini dari puluhan tenda yang tersedia, terpaksa kami tambah karena tingginya minat wisatawan untuk berlibur. Kami menyajikan tempat wisata berhawa pegunungan dengan lokasi berkemah di pinggir sungai yang terletak di kaki Gunung Gede-Pangrango,” kata Kordinator tempat wisata Lembah Mandalawangi Deden Ifey. *(Antara)