Bupati Tanjabbar Jadi IRUP Pengibaran Bendera Merah Putih Peringatan HUT RI Ke-76

Modusinvestigasi.Online, Tanjabar – Bupati Drs.H. Anwar Sadat, M.Ag, menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Kantor Bupati, selasa (17/08/21).

Upacara pengibaran bendera secara umum bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan patriotisme serta melatih kedisiplinan dan memiliki makna penghormatan atas jasa para pahlawan Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Meski dilaksanakan di tengah kondisi pandemi covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, tidak mengurangi khidmatnya prosesi pengibaran bendera pusaka terutama saat bupati anwar sadat selaku inspektur upacara menyerahkan sang saka merah putih kepada pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka).

Momen ini memiliki pesan moral tersendiri bagi setiap pemuda generasi penerus bangsa agar senantiasa berjiwa ksatria, memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus menjaga dan memelihara kemerdekaan dengan semangat patriotisme dan cinta tanah air sebagaimana yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu. Bahwa kemerdekaan yang diperoleh bukanlah merupakan hadiah namun penuh dengan perjuangan yang acapkali diwarnai dengan pertumpahan darah para pejuang.

Uniknya, pada momen sakral yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Hairan, SH, dan segenap Jajaran Forkopimda tersebut, Ketua DPRD Tanjab Barat Haji Abdullah, SE, didaulat bertugas sebagai pembaca Teks Proklamasi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. Hasbi, M.Pd.I memimpin pembacaan do’a. Acara juga diisi dengan penyerahan remisi kepada salah satu warga binaaa Lapas Kuala Tungkal.

Turut hadir bersama Bupati dan Wakil Bupati, Ibu Ketua TP PKK Hj. Fadhilah Sadat dan Ibu Ketua GOW Uni Yati Hairan, Ketua DPRD beserta istri, Kapolres Tanjab Barat beserta Ibu Ketua Bhayangkari, Dandim 0419/Tanjab beserta Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Kejari Tanjab Barat beserta Istri, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama.

Terlihat hadir juga Sekretaris Daerah dan Ibu Ketua DWP, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Kepala Bagian serta tamu undangan lainnya. Usai pelaksanaan upacara di lapangan, bupati beserta peserta upacara lainnya menuju ke gedung balai pertemuan untuk menyaksikan pelaksanaan detik-detik proklamasi secara virtual yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

(Yus/MI)