Beranda Daerah Bupati Meninjau Lokasi Bencana Alam Angin Puting Beliung di Kecamatan Cimenyan

Bupati Meninjau Lokasi Bencana Alam Angin Puting Beliung di Kecamatan Cimenyan

Bupati Bandung HM Dadang Supriatna meninjau lokasi bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Rabu (7/9/2022).

KAB BANDUNG (pelitaindo.news) – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna meninjau lokasi bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Rabu (7/9/2022). Bupati Bandung pun memberikan motivasi dan semangat kepada para korban angin puting beliung tersebut supaya selalu bersabar dan istikomah dalam menjalani kehidupan.

Dadang Supriatna pun turut meninjau lokasi bencana angin puting beliung dengan kondisi rumah yang mengalami kerusakan cukup parah.

Camat Cimenyan Cucu Endang yang turut mendampingi kunjungan Bupati Bandung saat itu mengatakan, bahwa Bupati Bandung saat hadir ke lokasi bencana memberikan semangat dan motivasi kepada para korban bencana angin puting beliung.

“Pak Bupati Bandung juga turut mengucapkan rasa prihatinnya, kepada warga masyarakat yang terkena musibah bencana alam angin puting beliung tersebut,” kata Cucu Endang kepada wartawan di Cimenyan, Rabu.

Bupati Bandung, kata Cucu Endang, turut memberikan bantuan paket sembako kepada warga sekitar. Kemudian dari Dinas Sosial maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung ada bantuan terpal dan makanan siap saji untuk warga korban bencana. BPBD juga nanti akan memberikan bantuan keuangan dengan cara transfer ke rekening sasaran penerima bantuan atau kepada warga yang kena bencana.

“Dari PMI juga ada bantuan  alat-alat mandi seperti sabun, handuk dan lain sebagainya untuk para korban angin puting beliung,” katanya.

Bantuan juga datang dari jajaran TNI, Polri maupun para pengusaha yang ada di Kecamatan Cimenyan. “Ada yang memberikan bantuan tambahan, berupa asbes, kayu untuk atap rumah dan lain sebagainya,” kataanya.

Namun untuk memberikan bantuan kepada para korban angin puting beliung dalam bentuk uang, kata Cucu Endang, masih dalam proses, setelah pihak kecamatan dan desa melakukan pendataan korban angin puting beliung.

“CPCL (Calon Penerima Calon Lokasi) sudah disiapkan. Nanti ada fakta integritas yang harus ditandatangani oleh pihak desa atau kepala desa, kemudian direkomendasi dari pihak kecamatan. Setelah itu di SK-an oleh Pak Bupati,” katanya.

Camat Cucu Endang mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk BPBD, Dinas Sosial, Disperkintan, termasuk dari Dinas Koperasi dan UMKM, guna membahas permasalahan yang sekarang sedang terjadi di Kecamatan Cimenyan.

“Termasuk membahas bantuan-bantuan yang tadi  dibicarakan, termasuk antisipasi kedepan. Nanti dari pihak BPBD akan menyelenggarakan  pendidikan dan latihan kepada warga masyarakat di Kecamatan Cimenyan, dengan menghadirkan para narasumber yang ahli dan profesional di bidang kebencanaan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, bencana angin puting beliung menerjang kawasan permukiman penduduk di Kampung Ciharalang RT 04/RW 01 Desa Mekar Saluyu dan Kampung Balong RT 01/RW 01 Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan  Kabupaten Bandung, Minggu (4/9/2022) pukul 14.20 WIB.

Berdasarkan hasil assesment BPBD Kabupaten Bandung di lokasi bencana angin puting beliung, terdapat sejumlah kerusakan rumah milik warga. Baik rusak berat maupun rusak ringan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama menjelaskan, di Kampung Ciharalang diketahui 1 rumah rusak berat milik Tia Darma.

“Sebanyak 21 rusak ringan (26 KK, 95 jiwa), 8 unit warung rusak ringan, kerusakan rumah pada umumnya bagian atap/genting. Alhamdulillah, hasil dari pemantauan di lapangan, tidak ada korban jiwa alias nihil,” kata Uka Suska kepada Koran Gala, Minggu malam. Sedangkan di Kampung Balong, terang Uka Suska, sebanyak 18 rumah rusak sedang, 23 rumah rusak ringan. *(Elisa Nurasri)

Artikulli paraprakSDN 064 Padasuka Sarat Prestasi, Sekolah Unggulan Tingkat Kota Bandung Maupun Provinsi Jabar
Artikulli tjetërde’ TUMARITIS Band Warnai Blantika Musik Tanah Air

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.