Bupati buka Pelatihan Pembuatan Batik

Modusinvestigasi.online, Tanjabar – Bupati Drs. H. Anwar Sadat M. Ag membuka Secara resmi pelatihan kewirausahaan bagi pengusaha pemula dan mikro ( pelatihan pembuatan Batik ), bertempat di Hotel Ar Riyadh , Kamis(27/05/2021).

Kegiatan pelatihan pembuatan batik ini adalah Kegiatan peningkatan kapasitas Koperasi dan UKM ( PK2UKM) melalui dana alokasi Khusus non fisik Kementrian Koperasi dan UKM RI Tahun 2021 yang diselenggarakan dari tanggal 27 Mei 2021-29 Mei 2021.

Dalam laporan nya Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Syafriwan SE Mengatakan, Peserta yang Mempunyai minat dan bakat  yang berasal dari 5 kecamatan yang berjumlah 33 orang yang mempunyai minat dan bakat dalam menjahit sementara Tempat pelatihan di Terminal Food Corner,.

” pelatihan ini dalam rangka Mengenalkan batik khas tanjab barat dan kami Menyediakan peralatan membatik” katanya.

Sementara itu Bupati Drs. H. Anwar Sadat M. Ag mengatakan pelatihan ini adalah Manfaat besar bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Tanjab Barat.

“Ini adalah sebuah inovasi kami dalam rangka untuk meningkatkan UMKM mikro dan menggerakan ekonomi” katanya.

Ditambahkannya Agar dampak dari Covid 19 tidak langsung berimbas pada melemah nya sektor UMKM.

“Oleh karena itu kami pemkab Membuat aturan pada ASN untuk mengunakan batik khas tanjab barat. Karena ini potensi yang sangat besar dan Marketnya yang jelas” tambahnya.

“ini adalah momentum yang baik,Peluang sudah kami buka. Tingal keinginan kuat dari penjahit untuk bekerjasama Intinya pengusaha kita ini harus bergerak” jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan nya Bupati berharap Kepada para peserta untuk Aktif sampai selesai sehingga harapan kita Batik Khas Tanjab Barat Sebagai produk unggulan untuk kita jual.

Dilanjutkan Pemberian Cendra mata tanda peserta oleh Bupati Tanjab Sadat dan Pemberian Alat Membatik kepada peserta diberika oleh Ketua Dekranasda Hj. Fadilah Sadat serta fhoto bersama.

Hadir dalam acara ini, Asisten, Kepala OPD, Ketua Dekranasda, serta tamu undangan lainya.

(Yusbae)