Begini Pesan Panglima TNI Saat Tinjau Penanganan Covid di Blora

Modusinvestigasi.Online | Blora – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo,M.Si, Kepala BNPB Ganip Warsito dan Kabaharkam Polri

Komjen Arief Sulistyanto beserta rombongan tiba di wilayah Kabupaten Blora Jawa Tengah, Sabtu, (05/06/2021).

Saat rombongan sampai di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora Panglima TNI dan Kapolri melakukan tatap muka dan diskusi dengan Forkompinda Blora. Dari data kasus Covid-19 di Kabupaten Blora hingga saat ini mencapai 7.068 kasus positif dan pasien sembuh mencapai 6.486 atau 91,8%.

Sedangkan untuk vaksinasi di wilayah Kabupaten Blora hingga kini telah mencapai 141.016 warga. Dengan rincian 3.667 tenaga kesehatan, 53.743 tenaga pelayanan publik dan 83.607 warga lanjut usia.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa saat ini tugas kita adalah mengendalikan Covid-19. Yang harus dilakukan adalah mempelajari data data kasus positif di Blora kemudian angka kesembuhan, angka kematian BOR dan ICU setiap hari. Berikutnya adalah melaksanakan koordinasi dan kolaborasi dengan lintas sektoral yang ada.

“Kembali tegaskan PPKM Mikro dan lakukan penebalan petugas di Posko PPKM yang tentunya di imbangi dengan sarana dan prasarana kesehatan. Antisipasi kegiatan budaya ataupun kearifan lokal diwilayah seperti acara adat pasca panen atau sedekah bumi. Selalu terapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak ) dan 3T ( Testing, Tracing, Treatment) dalam kehidupan sehari hari. Jangan sampai terjadi kerumunan yang dikhawatirkan menimbulkan penularan Covid-19,” ujar Panglima TNI.

Selain itu pengawasan terhadap protokol kesehatan dalam kegiatan masyarakat harus terus dilakukan. Bahwa protokol kesehatan bukan karena keterpaksaan, namun karena kebutuhan untuk menjaga kesehatan. Jika semua itu bisa dilakukan maka Covid-19 bisa dikendalikan.

Usai acara di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora kegiatan dilanjutkan apel bersama di Alun Alun Kabupaten Blora.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K., Sekda Jateng serta para Pejabat Utama Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro.*(Pendam IV/Dip/Tutik,Yohanes)