Alasan Ilmiah Minum Kopi Jangan Pakai Gula: Penyebab Rasa Gelisah

Modusinvestigasi.Online, Minum kopi memang nikmat. Sayangnya, jika tidak tahu cara menyajikannya dengan benar, akan terasa tidak enak dan juga tidak sehat.

Kopi adalah stimulan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya memberi energi untuk memulai hari. Namun para ahli kesehatan memperingatkan efek yang hadir dari kebiasaan mengkonsumsi minuman berwarna hitam pekat ini.

Efek yang paling banyak terjadi adalah kenaikan kadar glukosa darah. Terlebih, bagi penikmat kopi yang gemar menambahkan sirup glukosa atau beberapa balok gula pasir pada cangkir kopi mereka.

“Hindari sirup rasa dalam kopi Anda karena dapat  meningkatkan glukosa darah sehingga menyebabkan penambahan berat badan,” Dr. Sera Balderston, DOM, dari Integrity Health Corporation yang dikutip di She Finds, Kamis (24 Juni 2021).

“Makanan dengan tambahan gula sederhana dapat memberikan lonjakan energi awal, tetapi mereka kemungkinan akan menyebabkan penurunan energi di setelahnya,” Stephanie Hunter, M.Ed, Pendidikan Nutrisi, CHES® dan Koordinator Proyek Pelatih di Noom.

Hal ini terjadi karena tubuh dapat dengan cepat mencerna gula, dan mereka tidak berfungsi sebagai sumber energi jangka panjang.

“Kafein yang dipasangkan dengan gula adalah formula untuk lonjakan gula darah yang menyebabkan jari gemetar dan rasa gelisah yang sebaiknya Anda hindari,” tegas instruktur yoga bersertifikat dan pakar kesehatan Jeanine Duval dari Edelwyn. [*]