Ade Sugianto Hadiri Panen Perdana Cabai di Cigalontang

Modusinvestigasi.Online, Tasikmalaya – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menghadiri acara Panen Perdana Cabai dan penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) di Desa Tanjungkarang Kecamatan Cigalontang. Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya itu untuk melihat langsung hasil pertanian warga Kabupaten Tasikmalaya.

Ade menyampaikan, pertanian menyumbang kontribusi yang bagus untuk perekonomian Kabupaten Tasikmalaya. Visi Kabupaten Tasikmalaya ke depan, kata Ade, fokus pada pertanian, pariwisata, dan perkebunan yang semakin maju dan berkembang. “Saya ucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Saya juga  bersyukur dan bahagia luar biasa bisa bersilaturahmi dan melihat hasil-hasil pertanian, ” kata Ade, Jumat, 30 Juli 2021.

Ade menginginkan, dapat terbangun masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang semakin baik dan semakin maju dari sektor pertanian. Untuk itu, pihaknya, lanjut Ade, menegaskan agar instansi terkait untuk dapat membuat program yang rasional dan benar-benar dibutuhkan masyarakat. “Tidak boleh ada program-program yang proyek minded di bidang pertanian. Adakan program yang memang dibutuhkan rakyat, adakan bibit yang dibutuhkan rakyat, adakan pupuk yang memang rakyat butuh. Kalau rakyat tidak butuh, tidak perlu diprogramkan. Saya ingin program yang rasional,” tegas Ade.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (Disperpakan) Nuraedidin mengungkapkan, budidaya pertanian dilakukan sesuai standar teknis yang telah ditentukan, melakukan penerapan teknologi pascapanen sesuai perkembangan zaman, dan melaksanakan pengolahan dan pemasaran hasil secara maksimal. “Dalam pertanian, diperlukan sumber daya manusia yang pintar, cerdas, dan kreatif dan diperlukan kerja sama yang baik dari semua stakeholder yang berkontribusi pada pengolahan pertanian di kab. Tasikmalaya,” kata Nuraedidin.

Dalam kegiatan itu, selain meninjau panen cabai, Ade Sugianto juga sempat memberikan alat pertanian kepada kelompok petani.

(Rahmat/MI)